Tyler (1970) dalam buku klasiknya berjudul basic
principles of curriculum and instructional mengemukakan bahwa dalam
pengembangan kurikulum pendidikan sekurang-kurangnya terdapat empat pertanyaan mendasar yang mesti dijawab
oleh perancang kurikulum. Empat komponen itu adalah sebagai berikut : (1) what
educational purposes should the school seek to attain?, (2) what educational
experience can be provided that are likely to attain theses purposes?, (3) how
can these educational experience be
effectively organized, and (4) how can we
determine whether these purposes are being attained? Pertanyaan pertama
berhubungan dengan tujuan, kedua tentang isi materi, ketiga dengan tentang
metode/proses, dan keempat tentang evaluasi. Berkaitan dengan tulisan tyler diatas,
kemudian zais juga mengemukakan empat komponen yang mesti ada dalam rancangan
kurikulum yaitu; (1) aims, goals, and objectives, (2) subject matter of
content, (3) learning activities, and (4) evaluation. Pada prinsipnya kedua
pendapat ini memiliki kesamaan, dan menetapkan kegiatan evaluasi sebagai
bagaian akhir dalam proses pembelajaran.
pentingnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar